Rabu, 08 Desember 2010

MANAJEMEN UMUM

Manajemen merupakan sebuah kegiatan, pelaksanaannya disebut manajing dan orang yang melakukan disebut manajer.

Pengertian manajemen umum menurut para ahli yaitu :

Menurut George R Terry yaitu manajemen umum mencakup kegiatan untuk mencapai tujuan yang dilakukan oleh individu yang menyumbangkan upayanya yang terbaik melalui tindakan-tindakan yang telah di tetapkan sebelumnya. 

Menurut Stephen P Robins manajemen umum merupakan proses kegiatan-kegiatan pekerjaan sehingga pekerjaan tersebut terselesaikan secara efisien dan efektif dengan melalui orang lain.

Menurut Mary Parker Follet manajemen adalah suatu seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain. Definisi dari mary ini mengandung perhatian pada kenyataan bahwa para manajer mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara mengatur orang-orang lain untuk melaksanakan apa saja yang pelu dalam pekerjaan itu, bukan dengan cara melaksanakan pekerjaan itu oleh dirinya sendiri.

Menurut James A.F.Stoner, manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Fungsi Manajemen ada 4 yaitu :

1. Planning / merencanakan yaitu mencakup proses mendefinisikan sasaran, menetapkan strategi untuk mencapai sasaran itu, dan menyusun rencana buat mengintergrasikan dan mengoordinir sejumlah kegiatan.

2. Organizing / meroganisasikan yaitu mencakup proses menentukan tugas apa yang harus dilakukan, siapa yang harus melakukan, bagaimana cara mengelompokkan tugas-tugas itu, siapa yang harus melapor dan dimana keputusan harus dibuat.

3. Actuating / mengarahkan (pemimpin) yaitu mencakup motivasi bawahan, mempengaruhi individu atau tim sewaktu mereka berkerja, memiliki saluran komunikasi yang paling efektif dan memecahkan dengan berbagai cara perilaku karyawan.

4. Controling / mengendalikan yaitu mencakup memantau kinerja aktual, membandingkan aktual dengan standar dan membuat koreksinya bila perlu.

Peran Manajemen Umum:

1. Peran antar pribadi adalah peran matejerial yang melibatkan orang dan tugas lain yang bersifat seremonial dan simbolis.
2. Peran informasional adalah peran majerial yang meliputi menerima, mengumpulkan dan menyebarkan informasi.
3. Peran pengambilan keputusan adalah peran majerial yang berkisar seputar membuat pilihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar