Kamis, 06 Oktober 2011

TUGAS SOFTSKILL


Tugas Sistem Informasi Manajemen (Softskil)
Uraikan secara singkat dan jelas dari pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.

Soal :
1. Dari uraian singkat mengenai Definisi Informasi yang anda ketahui.
Kebutuhan informasi apa yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan manajemennya??

Jawab :
informasi adalah data yang sudah diolah menjadi suatu bentuk lain yang lebih berguna yaitu pengetahuan atau keterangan yang ditujukan bagi penerima dalam pengambilan keputusan, baik masa sekarang atau yang akan datang.
Untuk sebuah perusahaan, pastinya membutuhkan informasi untuk mengembangkan manajemennya dan kebutuhan informasi yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan manajemennya adalah sebagai
1.pengaruh ekonomi internasional.
2.persaingan dunia.
3.batas waktu yang singkat.
4.kendala-kendala sosial
Selain itu juga suatu perusahaan membutukhan informasi tentang apa yang di butuhkan oleh masyarakat/ mengutamakan kualitas dan kebutuhan yang dibutuhkan oleh konsumen, agar produk atau jasa yang di buat  atau di hasilkan/ di tawarkan oleh perusahaan tersebut dapat dipasarkan dan di terima oleh masyarakat.
Contoh :
Sebagai kelanjutan Program Pelatihan Manajemen Bengkel dan Ketrampilan Mekanik yang diadakan oleh PT Astra Komponen Indonesia bersama Yayasan Dharma Bhakti Astra beberapa waktu lalu, belum lama berselang, dibuka Bengkel Mitra Aspira - CV Segarau Jaya Motor di Jakarta. Bengkel Mitra ASPIRA ini merupakan proyek percontohan bengkel motor UKM sebagai bentuk kepedulian ASTRA dalam mengembangkan potensi bisnis bengkel roda dua UKM. 
Di samping itu, terbentuknya Bengkel Mitra ASPIRA ini dimaksudkan untuk lebih dekat ke pelanggan dan membantu pelanggan mendapat produk-produk grup Astra Otoparts yang terjamin kualitasnya (ASPIRA parts & oil, FEDERAL, RASIO, FLEXA, GS Battery, Quantum Battery, dll). Di tahun 2006 telah terbentuk 10 Bengkel Mitra Aspira di Jabodetabek.  
Soal :
2. Sebut dan jabarkan bentuk sumber yang dikelola oleh seorang manajemen ??

Jawaban :
Sumber yang di kelola manajemen
  1. Sumber daya fisik : manusia,mesin,material,uang.
  2. Sumber daya konseptual : informasi(termasuk data).
Peranan manajer mengelola sumber daya ini agar dapat digunakan secara efektif. Sebagai tindak lanjut dari peranan manajer maka perlu adanya usha penataan sumber daya termasuk didalamnya manajemen informasi yakni berupa:
-Sumber daya harus di susun sedemikian rupa sehingga setipa saat di perlukan dapat segera dimanfaatkan dan perlu dilakukan modifikasi.
-sumber daya harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.
-sumber daya harus selalu diperbaharui.

Soal :
3. Elemen lingkungan adalah organisasi/ individu yang berada di luar perusahaan  dan mempunyai pengaruh langsung/ tak langsung pada perusahaan. Sebut dan jelaskan elemen-elemen lingkungan manakah yang dapat secara mudah berhubungan dengan perusahaan yang menggunakan transmisi elektronik.

Jawaban :
Elemen lingkungan perusahaan :

Data - data yang di butuhkan oleh Perusahaan  pada Pemerintah, Masyarakat Keuangan, Pemasok, Pelanggan, Serikat Buruh, Pesaing, Masyarakat Global dan Sebaliknya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar